Pengalaman pribadi cara masuk UGM


Di bawah ini, hal-hal yang kudu diperhatiin sama kamu-kamu yang pengen ikut UM, UGM :


Datanglah sepagi mungkin, biar bisa adaptasi sama ruangan ujian + gak deg-degan karena telat. UGM sendiri punya sanksi khusus buat yang telat.



kalo bisa sebelum ujian makan dulu, tapi jangan kebanyakan, sedeng-sedeng aja, buat ngejaga "keenceran" otak



bawa alat tulis yang dibutuhkan, kalo bisa lebih dari satu. Kadang-kadang ada penjual yang manfaatin waktu ujian buat ngeraup keuntungan, jadi, mending bawa alat tulis udah lengkap dari rumah




buang semua "kotoran di tubuh kamu", ke wc dulu biar lega



doa sebelum ujian, barangkali Allah ngasih keberuntungan lebih



bagi kamu yang ngejer jurusan high grade, cara 1-1 nya kamu adalah belajar, kamu musti ngerjain 75%an soal dengan benar, soalnya saingan kamu banyak



bagi yang ngejer middle grade, kerjain semampu kamu, sioal-soal yang bisa ataupun ada sedikit bayangan, jangan asal-asalan njawab soal, kamu malah bisa tekor gara-gara nilai minus



perhatiin petunjuk soal, kalo ada penilaian minus, kamu mending ngerjain kaya cara tadi. tapi di beberapa pelajaran, ada yang tanpa minus, so, hajar deh semuanya !



kerjain soal yang lagi diadepin, jangan buru2 pengen pindah soal, temen saya bilang, "aja gulati setan sing bli katon", kerjain aja dulu yang ada di depan mata, jangan mrembet2 dulu.



buat soal psikotes, hajar aja semua, isunya, tes ini prosentasinya gede buat mbantu nilai kamu, kerjain dengan mikir, jangan asal !



temen2 saya dulu, yang saya anggep lebi pinter dari saya, malah banyak yang gak masuk. kayaknya mereka bela2in biar banyak ngerjain soal, e malah kena minus.



saya sendiri keterima pilihan 2, elektronika dan instrumentasi UGM, ya, mirip2 teknik elektro gitu.



saya cuma ngerjain 60%an soal, tapi itu yakin+ada bayangan, kalo gak bisa banget, gak tak kerjain.



kalo saya menyarankan jangan bayak2 ikut ujian sebelum SPMB, bisa aja malah bingung milih yang keterima, apalagi duit ortumu terbatas.



intinya,
pilihan 1 itu impian, ya tapi masi relevan ma kemampuan kita
pilihan 2 itu kenyataan
dan pilihan 3 itu sandaran, yang kira-kira pasti masuk



setelah selesai ujian, baca doa lagi. semoga ujianmu lancar.....

Jangan lupa pastikan pelajari sekolah sekolah dinas dan ikatan dinas PNS. Klik Sini...