Kenapa gagal masuk PTN

TERLALU BERHARAP SAMA SNMPTN UNDANGAN
Penyebab yang pertama yang bisa jadi paling fatal adalah karena lo sekarang ini lagi bener-bener berharap buat dapetin kursi di PTN melalui jalur SNMPTN Undangan. Dari pengalaman gua di tahun lalu, ada buaaanyak banget siswa yang terlalu pede mentang-mentang nilai rapornya bagus dan bersekolah di SMA favorit, terus baru kaget setengah mati waktu lihat hasil pengumuman bahwa dia gak masuk yang terpilih di jalur SNMPTN Undangan. Udah gitu panik terus baru sadar kalo SBMPTN Tertulis tinggal bentar lagi dengan kondisi belum siap tempur. Akhirnya mereka yang ngandelin jalur Undangan gagal bersaing juga di SBMPTN Tertulis dari temen-temennya yang nilai akademisnya selama ini biasa-biasa aja.

Nah, buat lo yang sekarang ini lagi ngandelin buat dapet SNMPTN Undangan, gua saranin mending buang deh pikiran itu jauh-jauh. Serius deh, jangan sampe lo gagal buat kuliah di PTN Favorit lo hanya karena alesan konyol kayak gini. Karena sebenernya nih, udah bukan saatnya lagi lo yang di kelas 12 mikirin buat dapet SNMPTN Undangan, itu harusnya adalah hal yang lo pikirin dan perjuangin dari kelas 10 dan 11. Buat lo yang udah di kelas 12, gua saranin banget mending lo anggep SNMPTN Undangan ini sebagai "Bonus" yang bisa jadi lo dapetin tapi bisa juga nggak - dan akan jauh lebih aman kalo lo berasumsi gak dapet SNMPTN Undangan dan prepare for the worst untuk ikut sama-sama nyiapin diri buat nempuh SBMPTN Tertulis.




LO GAK TAU MASALAH/TANTANGAN APA YANG SEBENERNYA LAGI LO HADAPI
Dalam waktu 6 bulan ke depan, tembus/nggak-nya lo di SBMPTN Tertulis mungkin bisa jadi adalah masalah terbesar dan (mungkin) yang paling berat yang harus lo hadepin dalam hidup lo - dan mungkin hal ini bahkan udah terus menghantui pikiran lo dari awal tahun ajaran.

Oke first of all, sebenernya stress itu bagus-bagus aja kalo lo jadiin stress itu pemicu supaya lo bisa menyelesaikan masalah lo, yang jadi masalah itu kalo sampe lo larut dalam stress tapi gak mulai bertindak strategis buat menghadapinya. Nah sekarang, kunci dari nyelesain masalah apapun yang pertama adalah identifikasi dulu masalahnya. Sekarang gua coba tanya deh.. sejauh mana sih lo udah explore dan mengenal masalah yang yang akan lo hadepin buat nembus SBMPTN. Sekarang coba  jawab jujur empat pertanyaan gua ini ke diri lo sendiri aja :

Sejauh ini seberapa besar lo tau tentang tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN?
Sejauh mana lo tau kondisi persaingan yang akan lo hadepin buat bisa tembus di PTN atau Jurusan yang lo inginkan?
Sejauh mana lo tau seberapa banyak bahan/materi yang perlu lo pelajari sampe lo bener-bener siap tempur buat SBMPTN?
Seberapa banyak waktu yang tersisa dan sejauh mana rencana lo untuk mengisi waktu itu buat belajar?
Kalo ada diantara lo yang masih bingung buat ngejawab 4 pertanyaan gua di atas, berarti lo layak buat mulai khawatir karena lo sampe sekarang belum bener-bener tau kondisi battlefield yang akan lo hadepin. Oke, buat lo yang belum terlalu paham battlefield yang akan lo hadepin, gua bantu buat kupas satu per satu.

SEJAUH MANA TINGKAT KESULITAN SOAL SBMPTN?

Oke, gua gak akan berpanjang-panjang disini jadi gua langsung aja kasih bocoran kalo tingkat kesulitan soal SBMPTN itu cenderung jauh lebih sulit daripada apa yang akan lo hadepin di Ujian Nasional.

Kok bisa lebih sulit? Sebelum ngejawab pertanyaan itu, lo harus paham dulu kalo UN dan SBMPTN adalah 2 ujian yang sangat berbeda. UN adalah ujian yang bersifat evaluasi, dimana tujuannya adalah mengevaluasi sejauh mana lo menguasai materi pelajaran SMA sehingga layak lulus dari jenjang pendidikan SMA. Sedangkan SBMPTN adalah ujian seleksi, yang tugasnya adalah menyeleksi calon mahasiswa mana yang layak buat berkuliah di Perguruan Tinggi tersebut.

Nah dari sini, jelas banget kalo universitas berkepentingan untuk menyaring calon mahasiswa dari sekian puluh ribu peminat menjadi hanya beberapa ratus orang yang diterima di Jurusan Universitas yang bersangkutan.

So, buat lo yang mungkin masih bingung ngebagi waktu belajar buat UN sama belajar buat SBMPTN, gua saranin banget lo sekarang fokus aja buat SBMPTN deh. Lha terus UN-nya gimana? Nih yah, kalo lo udah bener-bener persiapin diri dengan mateng mulai dari awal buat latihan soal dengan kualitas soal SBMPTN Tertulis, gua berani jamin otomatis lo udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN.

Kalo lo isenk nyari datanya di google, lo bisa liat kalo persentase yang siswa SMA lolos Ujian Nasional SMA tahun 2013 mencapai 99.48%. Nah coba lo bandingin sama jumlah calon mahasiswa yang coba daftar SBMPTN Tertulis ada 585.789 siswa... dan jumlah yang lolos itu cuman 109.853 siswa ! Berarti cuma 18,75% kemungkinan setiap siswa untuk lolos SBMPTN tertulis.

Gua harap data simple kayak gitu lumayan ngebuka mata lo sama kondisi persaingan yang lo akan hadapi. Buat lo yang masih penasaran sama perbandingan kualitas soal ujian seleksi (SBMPTN) sama ujian evaluasi (UN), lo bisa baca blog gua sebelumnya tentang bedanya persiapan UN dengan SBMPTN.

Buat lo yang penasaran banget sama tingkat kesulitan dari soal-soal SBMPTN, coba deh lo mampir bentar di tulisan gua sebelumnya tentang Kupas Tuntas Soal SBMPTN 2013. Cobain aja lo jajal dan kerjain soalnya dulu, dengan lo cobain soal SBMPTN yang ditempuh sama kakak-kakak angkatan lo, gua harap lo bisa punya gambaran dengan apa yang akan lo hadapi nanti.

SEJAUH MANA LO TAU TENTANG KONDISI PERSAINGANG AKAN LO HADAPI?NYA

Oke, setelah lo memahami bahwa kualitas soal SBMPTN ini cenderung lebih sulit daripada UN karena memang tujuannya untuk menyaring calon mahasiswa yang layak buat masuk PTN - artinya lo akan dihadapkan pada kondisi persaingan yang cukup ketat dengan seluruh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Nah, sekarang pertanyaannya - sejauh mana kondisi persaingannya? Jawabannya tergantung dua hal. Pertama jurusan apa dulu nih yang lo pilih? Peminat setiap jurusan di Universitas kan beragam, artinya persentase lo buat masuk juga beda. Kedua, adalah seberapa siap lo buat bersaing dengan calon mahasiswa lain.

Gua kasih beberapa contoh aja yah kondisi persaingan SBMPTN tertulis berdasarkan data yang gua dapetin..

Untuk Jurusan Pendidikan Dokter UI ada 2.452 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 45 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah 1,83%
Untuk Jurusan Ekonomi Manajemen UI ada 2.607 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 48 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah 1,84%
Untuk Jurusan Ilmu Komunikasi UI ada 2.480 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 32 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah  1,29%
Nah, sekarang kebayang kan gimana ketatnya buat tembus SBMPTN tertulis. Buat yang penasaran sama kondisi persaingan buat masuk UI, lo bisa cek website resmi UI, disitu ada pemetaan lengkap kondisi persaingan seluruh jalur masuk pada setiap jurusan di Universitas Indonesia.

Nah, gua saranin banget lo juga coba explore pemetaan persaingan di PTN lain yang lo minati. Gak susah kok kalo lo coba niat nyari dengan google. Dengan lo tau kondisi persaingan yang sebenernya, lo bisa lebih bijak buat menentukan pemilihan jurusan yang sesuai dengan kesiapan lo. Tapi ini bukan berarti gua ngajarin lo buat masuk jurusan non-favorit yah.. Biar gimana, lo tetep harus nyoba ke jurusan yang emang bener jadi minat lo buat belajar disana, terlepas itu jurusan favorit atau bukan.

SEBERAPA BANYAK BAHAN/MATERI YANG PERLU LO PELAJARI SAMPE LO BENER-BENER SIAP TEMPUR BUAT SBMPTN?

Oke, sekarang saatnya kita bahas dikit deh tentang bahan materi yang perlu lo pelajari. Buat yang belom tau, nantinya lo kemungkinan besar akan menempuh ujian SBMPTN Tertulis selama 2 hari. Hari pertama adalah Ujian TPA dan Tes Kemampuan Dasar. Hari kedua adalah Tes Bidang Studi Penjurusan kamu IPA, IPS, atau IPC. Kalo dalam form peminatan kamu memilih 2 alternatif jurusan IPA dan IPS (misalnya kedokteran dan akuntansi), maka kamu akan menjalani 2 ujian di hari kedua yaitu Tes Bidang Studi IPA dan juga Tes Bidang Studi IPS atau biasa disebut dengan IPC. Nah kalo gua liat dari kumpulan list video di zenius.net, inilah kira-kira materi yang perlu lo tonton dan pelajarin supaya seenggaknya mateng secara konsep buat nempuh SBMPTN

TES POTENSI AKADEMIS (TPA)
Materi TPA SBMPTN

Jangan coba-coba ngeremehin tes semacam ini karena banyak banget lho yang ternyata baru nyadar kalo logika yang kita anggep selama ini bener itu ternyata salah lho. Kalo sampe sekarang lo masih mikir kalo soal TPA yang akan lo hadepin nanti itu semacam test IQ yang gak perlu lo pelajari, lo salah besar. Tes TPA SBMPTN akan mengukur sejauh mana kemampuan logika, analisa verbal, dan penalaran matematis lo. Artinya lo perlu banget mengalokasikan waktu buat ngelatih semua itu supaya jangan sampe TPA ini malah jadi batu sandungan lo buat masuk PTN.

TES BIDANG STUDI DASAR
Tes bidang studi dasar ini akan ditempuh oleh lo semua termasuk yang mau masuk jurusan IPA maupun IPS. Tes bidang studi dasar ini mencakup 3 mata pelajaran yaitu

Matematika Dasar

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris



TES BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Matematika IPA

Fisika

Kimia

Biologi





TES BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Ekonomi

Sosiologi

Sejarah

Geografi



Nah, di setiap text di atas, sengaja gua kasih link ke video di zenius.net yang bahas tentang materi setiap mata pelajaran. Disitu lo cobain aja explore sendiri kira-kira sebanyak apa sih video yang perlu lo tonton buat siap secara konsep dan teori (belum lagi sama latihan soal lho..). Oke, hal berikutnya yang perlu lo perhatiin adalah waktu yang tersisa..

SEBERAPA BANYAK WAKTU YANG TERSISA DAN  SEJAUH MANA RENCANA LO BUAT MENGISI WAKTU ITU BUAT BELAJAR ?

Oke, setelah gua bahas tentang seberapa banyak bahan materi yang perlu lo pelajari -  pertama-tama sebelum lo mulai belajar, lo harus sadari dulu seberapa banyak waktu yang lo punya buat ngejar bahan materi SBMPTN.

Sampai dengan saat ini emang pemerintah belom menentukan tanggal pasti kapan SBMPTN Tertulis dilaksanakan. Di website resmi pemerintah saat ini, kita baru bisa mengetahui kalo pelaksanaan SBMPTN bertepatan dengan jadwal pendafataran ulang SNMPTN Undangan yaitu 17 Juni 2014. Kalo kita bandingin sama jadwal pelaksanaan tahun lalu, SBMPTN Tertulis 2013 dilaksanakan tanggal 18-19 Juni 2013. So gua pikir kalo pun ada perubahan jadwal SBMPTN mendadak dari pemerintah, kira-kira gak akan jauh beda lah - sekitar pertengahan bulan Juni.

Pertengahan bulan Juni?? Ah masih lama donk...masih enam bulan lagi coy ! Eit tunggu dulu.. emang SBMPTN ini terkesan lama banget, tapi lo harus sadar juga - seberapa banyak bahan yang perlu lo pelajari seperti yang gua bahas di atas. Lo pikir bahan buat belajar SBMPTN dengan bahan sebanyak itu dan persaingan seketat itu bisa lo kejar apa dalam waktu 3-4 bulan doank?

Selain itu, buat lo yang masih di kelas 12 juga masih harus mikirin kegiatan akademis lo di sekolah, dari mulai ulangan, quis, pr, tugas... Belum lagi males-malesannya, baru jadian lah, ada game keren baru keluar, dan hal-hal eksternal lain yang berpotensi mengganggu waktu belajar lo (baca : menghadang lo kuliah di PTN impian lo).

Satu hal penting lagi yang lo harus pikirin adalah kesiapan lo. Maksudnya, buat lo yang berminat crossing path dari jurusan IPA buat kuliah di penjurusan IPS, dan sebaliknya jurusan IPS yang mau ambil kuliah untuk penjurusan IPA. Artinya, lo harus belajar lebih keras lagi karena lo harus mempelajari sesuatu yang selama ini gak familiar lo tekuni, dan mau gak mau lo harus bersaing sama calon mahasiswa lain yang emang konsisten antara peminatan dengan jurusan yang dia tekuni waktu SMA.

Nah sekarang nih, buat lo semua yang baca tulisan ini di bulan Desember 2013, artinya lo masih punya cukup waktu untuk berpikir, menentukan, dan juga memperjuangkan masa depan dunia perkuliahan lo 4 tahun ke depan. So, syukurilah waktu yang tersisa dan manfaatkan itu dengan baik. Buat lo yang masih punya kesulitan buat manfaatin waktu dengan efektif, coba lo baca juga tulisan gua sebelumnya tentang gimana cara manfaatin waktu secara optimal.

***

Oke gua coba rangkum dikit dari apa yang gua tulis di atas yah..

Pertama lo jangan lagi ngandelin SNMPTN Undangan,
Kedua lo harus tau battleground yang akan lo hadapi,
Ketiga ketahui tingkat kesulitan soal SBMPTN dari awal,
Keempat kenali iklim persaingan yang mau lo hadapi
Kelima  coba lo explore sebanyak apa bahan materi yang perlu lo pelajari
Keenam, sadari seberapa banyak waktu yang tersisa dan coba mulai buat time-management sehingga materi yang lo perlu pelajari itu bisa sempet lo pelajarin semua dengan waktu yang tersisa.
Sedikit tips dari gua aja, khusus buat lo yang bertekad buat bisa bersaing masuk universitas impian lo, entah itu SBMPTN, SIMAK UI, Ujian Mandiri lainnya... gua saranin mending lo manfaatin waktu liburan Natal dan Tahun Baru ini buat belajar deh.. itung-itung lo ngejar one step ahead dari pesaing lo yang lain.

Hah !? Masa liburan Natal dan Tahun Baru malah belajar??
But-why-meme

Yup, serius deh.. Gua bener-bener saranin supaya liburan kali ini lo isi waktu buat ngejar bahan SBMPTN. Kenapa? karena setelah liburan ini, lo udah gak punya banyak waktu luang yang kosong buat bener-bener konsen ngejar materi SBMPTN. Lo akan disibukan dengan kegiatan akademis sekolah, tugas sekolah,Try Out UN, dsb.. Jadi liburan Natal dan Tahun Baru ini bisa jadi momentum buat lo buat curi-curi start duluan dibandingkan para pesaing kamu. Sedangkan kalo lo memutuskan sebaliknya, bisa jadi para pesaing lo yang lain memutuskan buat belajar waktu liburan ini dan belum apa-apa lo udah ketinggalan duluan sama mereka.

Last but not least, gua harap moment SBMPTN ini jangan lo jadiin semacam beban luar biasa yang menghantui lo sepanjang waktu. Gua justru berharap lo bisa memandang SBMPTN ini sebagai kesempatan dimana lo untuk bisa menggali kembali pengetahuan yang selama ini lo udah pelajari sekaligus mengembangkan intelektualitas diri lo semaksimal mungkin sebelum akhirnya masuk universitas. Belum lama ini, Sabda pernah nulis artikel yang keren banget tentang kenapa SBMPTN bisa jadi moment yang paling berpengaruh dalam proses perkembangan intelektual seseorang. Gua saranin buat lo semua yang mau serius nempuh SBMPTN buat baca artikel itu deh!

Oke, panjang juga yah artikel ini...moga-moga bermanfaat yah. Buat lo semua yang mau nempuh SBMPTN Tertulis 2014, gua ucapkan Selamat Berjuang buat masa depan lo!