Tips sukses masuk IPB melalui jalur undangan


1. Kenali dulu apa itu SNMPTN Undangan
Jadi sobat harus tau dulu apa itu snmptn, apa saja kriteria yang akan dipilih, apa saja syarat-syarat mengikutinya, walau ini sepele tapi kalo belum tau bisa fatal looh! Kalo masih bingung bisa browsing di internet atau Tanya guru BK di sekolah sobat

2. Persiapkan dari sekarang
Kenapa ini sangat penting? Karena ini adalah kunci awal agar sobat bisa ikut seleksi Undangan tersebut, mungkin bisa dari sobat kecil yang berandai-andai ingin menjadi dokter segeralah untuk sungguh-sungguh belajar dan usahakan masuk SD SMP dan SMA Favorit di kota sobat dengan tekun belajar terutama pelajaran IPA karena dari situlah kita mendapat dorongan dan kemauan yang besar untuk belajar dan berhasil kedepannya.  Jujur saya tidak ada persiapan sejak awal sama sekali untuk ikut Undangan ini ketika saya diberitahu bahwa masuk siswa yang dapat mengikuti seleksi undangan saya hanya bisa berdoa agar bisa masuk PTN pilihan saya

3. Kenali lawan-lawanmu
Disekolah saya dari 160an orang yang  ikut seleksi undangan di jurusan IPS saya urutan ke 39 weew.. disitu saya berpikir harus mempersiapkan cara agar lolos PTN yang saya inginkan, sering-seringlah menemui guru BK sobat untuk mengetaui teman-teman sobat memilih PTN mana saja, ketika saya menaruh UIN di urutan pertama saya sudah mengecek bahwa tidak ada teman saya yang memilih disana jikalaupun ada nilai dan urutannya harus dibawah saya dan jangan lupa juga liat Quato tahun sobat seleksi dan yang minat tahun sebelumnya berapa untuk meenjadi tolak ukur sobat masuk PTN tersebut

4. Konsisten Nilai Rapot
Ini juga penting karena nilai sobat dari semester 3 sampai 5 harus naik minimal tetap, Tetapi Jujur lagi nilai saya ‘tidak konsisten’ malah menurun di semester 4nya ini nilai saya  semester 3-5 => 78.85 - 78.20 – 80.06, mungkin ini tergantung kebijakan PTN masing-masing untuk bisa menilainya

5. Jangan memaksakan kehendak
Misalkan ada anak ingin masuk FK UI (fakultas kedokteran UI) karena dia tau bahwa pesaingnya ribuan orang dan disekolahnya banyak yang ingin masuk FKUI dia mengurungkan niatnya untuk masuk FK yang di UI tapi memilih seperti FKUIN atau FKUNS toh semua PTN sama yang penting akreditasinya baik

6.  Kenali Universitasmu
Maksudnya sobat harus tau ada atau ganya kakak kelas sobat di Universitas itu karena keberadaan kakak kelas sobat di Universitas tersebut sangat berpengaruh loooh, mungkin pihak universitas melihat apakah benar nilai rapot yang dituliskan benar-benar berbobot sama dengan kualitas lulusannya 

7. Sertifikat Akademis
Jujur saya sendiri tidak punya sertifikat apa-apa untuk diajukan pada panitia Snmptn Undangan karena memang saya tidak pernah ikut OSN atau lomba yang lain.. hehe tapi untuk yang punya silahkan ajukan karena itu juga sangat berpengaruh

8. Berdoa dan terus Berusaha
Ini adalah langkah terakhir yang bisa diusahakan agar bisa lolos Undangan, karena saya hanya mengandalkan doa baik doa guru, teman dan orang tua. Dan jikalau tidak diterima terus berusaha karena masih banyak jalur menuju Universitas yang sobat inginkan. :)

Mungkin itu saja sedikit tips dan strategi saya agar lulus SNMPTN Undangan bagi sobat yang ingin bertanya silahkan berkomentar dibawah, Semoga Bermanfaat,.